Minggu, 12 Oktober 2008

RASUL BAGI NON-YAHUDI

Minggu, 28 September 2008

Bacaan: I Kor 9:11-13


9:11 Jadi jika kami telah menaburkan benih rohani bagi kamu, berlebih-lebihankah kalau kami menuai hasil duniawi dari pada kamu,
9:12 Kalau orang lain mempunyai hak untuk mengharapkan hal itu dari pada kamu, bukankah kami lebih mempunyai hak yang lebih besar? Tetapi kami tidak mempergunakan hak itu. Sebaliknya, kami menanggung segala sesuatu supaya jangan kami mengadakan rintangan bagi pemberitaan Injil Kristus.


Paulus, Barnabas dan rekan sekerja mereka adalah orang-orang yang memulai jemaat Korintus. Dapat diketahui melalui perkataannya bahwa ia adalah penanam (I Kor 3:6a), seorang ahli bangunan yang cakap (I Kor 3:10); dan rasul bagi bangsa non-Yahudi.


Sebagai rasul bagi bangsa non-Yahudi, mereka menghadapi tantangan khusus yang tidak dihadapi oleh rasul bangsa Yahudi seperti: Petrus, Yohanes, Yakobus, dan lain-lain.


Orang-orang Yahudi telah membaca dan tahu tentang Perjanjian Lama. Sehingga ditinjau dari culture gap, religion atau language gap, rasul Yahudi tidak mempunyai jarak yang terlalu besar atau jauh terhadap bangsa mereka sendiri, yaitu bangsa Yahudi. Sedangkan Paulus dan Barnabas menghadapi tantangan berupa budaya, agama dan bahasa yang sangat berbeda dengan orang-orang non-Yahudi. Mereka bahkan dikritik, ditolak bahkan dianiaya oleh bangsa-bangsa non-Yahudi.


Melalui fakta ini dapat ditemukan bahwa Paulus, seorang rasul bagi bangsa non-Yahudi, yang tidak diajar, dibimbing atau dididik secara langsung seperti rasul-rasul bagi bangsa Yahudi tetap dapat melakukan perkara-perkara besar dan luar biasa. Dan lebih dari itu, Paulus membiayai atau memenuhi sendiri kebutuhannya sehari-hari seperti: makan, minum, dan lain-lain, dengan cara bekerja sebagai tukang kemah. Semua itu ia lakukan semata-mata demi Injil Kristus dapat diberitakan tanpa prasangka buruk atau negatif yang mungkin mengira bahwa ia semata-mata menginginkan hasil duniawi untuk kepentingan diri sendiri.


Doa:

Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar dapat senantiasa melakukan hal extraordinary bagi Engkau. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: