Selasa, 21 Oktober 2008

MENJADI LEBIH BAIK

Kamis, 23 Oktober 2008

Bacaan: I Kor 11:29-32


11:29 Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.
11:30 Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal.
11:31 Kalau kita menguji diri sendiri, hukuman tidak menimpa kita.
11:32 Tetapi kalau kita menerima hukuman dari Tuhan, kita dididik, supaya kita tidak akan dihukum bersama-sama dengan dunia.


Di Jemaat Korintus pada zaman Paulus terdapat banyak orang Kristen yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal karena makan roti dan minum cawan Tuhan tanpa mengakui tubuhNya. Sesuatu yang tidak mudah dipercaya di zaman sekarang, karena sepertinya tidak pernah terjadi saat acara perjamuan kudus berlangsung ataupun sesudahnya.


Tetapi hal itu pun bukan tidak mungkin terjadi di zaman Paulus yang penuh dengan mujizat dan hukuman yang sangat nyata, langsung dan seketika di depan mata. Ingat saja peristiwa-peristiwa kesembuhan di zaman Paulus yang mencengangkan orang banyak termasuk ahli-ahli sihir di zaman itu.


Sebagaimana perbedaan dalam hal tersebut ada di antara dua zaman yang berbeda, demikian pula sikap dan moralitas yang ada. Di zaman sekarang orang Kristen tidak memakan roti dan meminum cawan Tuhan seperti menyantap makan siang atau makan malam seperti yang dilakukan oleh sebagian anggota Jemaat Korintus.


Sikap dan moralitas orang Kristen di zaman sekarang dalam hal ini dapat dikatakan lebih baik dibanding orang Kristen pada zaman dahulu. Mereka cenderung sopan, formal, dan ‘gengsi’ jika harus menyantap roti dan anggur seperti makan siang atau makan malam. Lagipula hal itu memang tidak layak dilakukan di masa kini mengingat roti dan anggur yang dihidangkan sangat kecil atau sedikit sekali porsinya. Karena yang penting bukanlah soal banyak atau sedikit roti dan anggur yang dihidangkan, tetapi soal kasih, pengorbanan dan pengampunan Kristus yang dianugerahkan-Nya kepada orang Kristen yang mengingat Dia melalui perjamuan kudus.


Jika orang Kristen di zaman sekarang bisa menjadi lebih baik dibandingkan dengan orang Kristen di zaman dahulu dalam hal perjamuan kudus, maka orang Kristen di zaman sekarang pun dapat menjadi lebih baik di dalam hal-hal yang lain seperti iman, kasih, penginjilan, dan lain-lain.


Doa:

Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar dapat senantiasa dapat menjadi lebih baik di dalam Engkau dari waktu ke waktu. Di dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: