Minggu, 12 Oktober 2008

KESUNGGUHAN

Jumat, 3 Oktober 2008

Bacaan: I Kor 9:24-25


9:24 Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya!
9:25 Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.


Sepertinya Paulus tidak sedang mengambil sisi kompetisi dari ilustrasi tentang pertandingan tetapi sisi kesungguhan atau semangat pesertanya dalam memenangkan pertandingan demi mendapatkan hadiah. Selain itu ia pun menggunakan ilustrasi tersebut untuk menggambarkan sasaran atau target peserta yaitu mendapatkan mahkota yang abadi yang disediakan Allah bagi orang-orang Kristen.


Bukan saja di zaman Paulus, di zaman sekarang pun setiap orang yang mengikuti pertandingan mempersiapkan diri, melatih diri, memperhatikan nutrisi, istirahat, teknik, skill, kecepatan, ketahanan, kekuatan, konsentrasi, fleksibilitas dan lain-lain.


Artinya, setiap orang Kristen semestinya tidak memandang kekristenan sebagai sesuatu yang enteng, santai atau seadanya. Sebaliknya, setiap orang Kristen semestinya tekun belajar, melatih diri, fokus, intense, melengkapi diri, dan menjadi lebih dan lebih rohani dari waktu ke waktu. Jika tidak demikian, maka kekristenan seseorang patut dipertanyakan.


Doa:

Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar senantiasa dapat menjadi seorang Kristen yang sungguh-sungguh, tekun, giat dan rajin melatih diri secara rohani. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: