Jumat, 17 Oktober 2008

HORMAT DAN TUNDUK

Sabtu, 18 Oktober 2008

Bacaan: I Kor 11:2-5


11:2 Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran yang kuteruskan kepadamu.

11:3 Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

11:4 Tiap-tiap laki-laki yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang bertudung, menghina kepalanya.

11:5 Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.


Ketika membaca tulisan Paulus tersebut di atas, Anda mungkin bertanya di dalam hati tentang kepala yang bertudung dan tidak bertudung. Orang Kristen di zaman sekarang mungkin tidak mudah mengerti tentang hal tersebut. Mengapa? Karena terdapat gap budaya, waktu, geografis atau kebiasaan antara orang Kristen di zaman sekarang dengan zaman Paulus.


Mungkin, melalui tudung kepala tersebut Paulus ingin mengadakan pembedaan antara pria atau wanita di Jemaat Korintus dengan pria atau wanita yang bukan Kristen di zaman itu.


Tetapi hal yang lebih eksplisit atau lebih jelas adalah mengenai kepemimpinan dan tingkat penghormatan. Pertama, Kepala Kristus adalah Allah. Kedua, Kepala laki-laki adalah Kristus. Dan ketiga, kepala perempuan adalah laki-laki.


Perkataan Paulus tentang penghormatan terhadap laki-laki oleh perempuan bukan hanya terdapat di dalam surat Korintus tetapi juga di surat Efesus (band. Ef 5:22-23). Di sana ia menggambarkan sikap tunduk seorang isteri kepada suami seperti sikap tundak jemaat kepada Kristus. Melalui hal ini maka dapatlah ditemukan pula arti “Kepala laki-laki adalah Kristus” yaitu bahwa setiap laki-laki Kristen seharusnya tunduk kepada Kristus sebagai kepala. Dan Kristus tunduk kepada Allah seperti yang memang telah Ia tunjukkan (band. Ibrani 5:9-10).


Doa:

Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar dapat senantiasa hormat dan tunduk kepada Engkau. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: