Selasa, 21 Oktober 2008

PERISTIWA YANG MEMALUKAN

Senin, 20 Oktober 2008

Bacaan: I Kor 11:17-19


11:17 Dalam peraturan-peraturan yang berikut aku tidak dapat memuji kamu, sebab pertemuan-pertemuanmu tidak mendatangkan kebaikan tetapi mendatangkan keburukan.
11:18 Sebab pertama-tama aku mendengar, bahwa apabila kamu berkumpul sebagai Jemaat, ada perpecahan di antara kamu, dan hal itu sedikit banyak aku percaya.
11:19 Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji.


Makan roti dan minum cawan Tuhan merupakan acara atau kegiatan reguler di zaman Paulus (band. Kis 2:46). Sebagian anggota jemaat melakukan kesalahan dengan memakan roti dan meminum anggur dalam jumlah yang sangat besar di dalam pertemuan jemaat. Akibatnya, sebagian anggota lainnya tidak mendapat kesempatan untuk memakan roti dan meminum anggur. Dan yang lebih menyedihkan, mereka yang memakan roti dan meminum anggur dalam jumlah yang sangat besar tersebut menjadi mabuk di tengah acara atau pertemuan jemaat.


Kesalahan tersebut terjadi karena sebagian anggota jemaat Korintus pada masa itu menganggap atau menjadikan acara makan roti dan minum cawan Tuhan tersebut sama seperti makan siang atau makan malam. Sehingga mereka tidak makan siang atau makan malam terlebih dahulu di rumah mereka masing-masing. Padahal acara makan roti dan minum cawan Tuhan bertujuan untuk mengingat kematian Kristus, salib-Nya, pengorbanan-Nya, tubuh dan darah-Nya.


Hal ini menunjukkan
attitude yang memalukan atau tidak terpuji dari sebagian anggota jemaat Korintus. Mereka memanfaatkan acara makan roti dan minum cawan Tuhan untuk mengambil keuntungan diri sendiri dan merugikan jemaat.

Tampaknya, jumlah anggota yang melakukan hal tersebut cukup besar jumlahnya sehingga dapat menimbulkan perpecahan dan menghabiskan roti dan anggur yang merupakan jatah atau persediaan dari anggota-anggota yang lain.


Melalui peristiwa yang memalukan ini, dapat diambil suatu pelajaran bahwa orang Kristen semestinya tidak memanfaatkan acara, kesempatan atau apapun juga yang bertujuan untuk mengambil keuntungan diri sendiri dan merugikan orang lain.


Doa:

Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar dapat senantiasa menjaga diri dari sikap yang egois atau mementingkan diri sendiri. Di dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: