Minggu, 12 Oktober 2008

ALLAH YANG CEMBURU

Sabtu, 11 Oktober 2008

Bacaan: I Kor 10:21-22


10:21 Kamu tidak dapat minum dari cawan Tuhan dan juga dari cawan roh-roh jahat. Kamu tidak dapat mendapat bagian dalam perjamuan Tuhan dan juga perjamuan roh-roh jahat.
10:22 Atau maukah kita membangkitkan cemburu Tuhan? Apakah kita lebih kuat dari pada Dia?


Paulus dengan jelas membedakan antara cawan Tuhan dan cawan roh-roh jahat. Antara perjamuan Tuhan dan perjamuan roh-roh jahat. Ia seolah menarik garis yang jelas dan tegas di antara keduanya. Dua hal tersebut bukan saja berbeda tetapi tidak dapat disatukan atau di-campur-aduk-kan.


Allah adalah Allah yang Cemburu. Ia tidak mau ada allah lain bagi manusia selain diri-Nya. Karena memang apa yang disebut sebagai allah yang lain sesungguhnya memang tidak ada. Tidak ada yang setara dengan diri-Nya sehingga dapat dijadikan sebagai allah. Selain Allah hanya ada roh jahat atau allah yang palsu.


Allah adalah Allah yang Kudus. Ia bukan saja sensitif atau peka terhadap dosa tetapi Ia adalah anti-dosa. Ia tidak dapat berhubungan, bersentuhan atau berinteraksi, apalagi berbaur dan bersatu dengan dosa. Ia memang mengasihi pendosa tetapi bukan dosa dari si pendosa.


Paulus mengingatkan anggota jemaat Korintus yang menyembah berhala agar berhati-hati terhadap tindakan atau perbuatan mereka yang dapat membangkitkan cemburu Tuhan. Dan Ia pun mengingatkan mereka tentang Dia yang Maha Kuasa yang tidak tertandingi dan tidak terkalahkan. Oleh sebab itu, Paulus seolah mengatakan “Hati-hati!” atau “Jangan main-main terhadap Allah”.


Sebagai penerapannya di zaman ini, orang Kristen janganlah menduakan Tuhan. Jangan menyembah allah lain, apa pun bentuknya. Mungkin uang, harta kekayaan, posisi, jabatan, karir, hobby atau apa saja yang menguasai, yang menjadi fokus atau yang paling utama selain daripada Allah. Jadikanlah Allah prioritas pertama dan utama dalam hidup Anda!


Doa:

Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar dapat senantiasa mengutamakan Engkau dan menomorsatukan Engkau di dalam hidup hamba. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: