Minggu, 12 Oktober 2008

PERTIMBANGAN ROHANI

Senin, 13 Oktober 2008

Bacaan: I Kor 10:25-28


10:25 Kamu boleh makan segala sesuatu yang dijual di pasar daging, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani.
10:26 Karena: “bumi serta segala isinya adalah milik Tuhan.”
10:27 Kalau kamu diundang makan oleh seorang yang tidak percaya, dan undangan itu kamu terima, makanlah apa saja yang dihidangkan kepadamu, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani.
10:28 Tetapi kalau seorang berkata kepadamu:”Itu persembahan berhala!” janganlah engkau memakannya, oleh karena dia yang mengatakan hal itu kepadamu dan karena keberatan-keberatan hati nurani.


Menurut ayat 25, dapat ditemukan fakta bahwa daging persembahan berhala pun dijual di pasar daging . Mungkin daging itu akan dipersembahkan kepada berhala atau mungkin pula telah dipersembahkan dan dijual kembali di pasar daging. Dan sepertinya, kemungkinan kedua-lah yang sangat mendekati fakta yang sesungguhnya. Karena berhala memang tidak dapat melahap daging yang disuguhkan seperti manusia melahapnya sampai habis.


Paulus memposisikan keberatan hati nurani orang lain di atas kepentingan dan keuntungan diri sendiri. Jika ada orang lain yang keberatan dengan daging persembahan berhala, Ia lebih baik tidak membeli atau memakannya. Meski mungkin harga daging persembahan berhala yang dijual jauh lebih murah daripada yang belum atau tidak dipersembahkan.


Hal ini adalah salah satu dari sekian banyak kasus yang dapat atau mungkin dialami oleh orang-orang Kristen di sepanjang zaman. Tetapi kasus ini mengandung prinsip yang serupa atau sama dengan banyak kasus-kasus yang lain. Prinsip tersebut adalah mempertimbangkan keberatan-keberatan hati nurani orang lain di atas kepentingan dan keuntungan diri sendiri.


Para penulis cerita kartun atau per-film-an dapat menangkap nilai-nilai ini. Terbukti melalui cerita atau kisah tentang kerelaan seseorang yang secara sengaja mengalah atau menjadi kalah demi kemenangan umum atau orang lain. Sebut saja film “Bumble Bee” yang diperankan oleh Richard Gere, “The Cars” kartun tentang mobil balap merah yang di akhir pertandingan tidak jadi menduduki peringkat yang pertama, dan lain-lain.


Dengan kata lain sikap atau tindakan yang mempertimbangkan keberatan-keberatan hati nurani orang lain adalah hal yang mulia. Di samping itu, Allah pun memang menghendaki demikian, yaitu agar umat-Nya mengasihi saudara-saudaranya seiman sehingga dengan cara seperti itu mereka dapat menjaga keutuhan dan kesatuan jemaat-Nya.


Doa:

Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar dapat senantiasa mempertimbangkan keberatan-keberatan hati nurani orang lain sehingga dengan demikian dapat menjaga keutuhan dan kesatuan jemaat Engkau. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: