Minggu, 12 Oktober 2008

KEUNTUNGAN ORANG LAIN

Minggu, 12 Oktober 2008

Bacaan: I Kor 10:23-24

10:23 “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.
10:24 Jangan seorang pun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.


Masih mengenai makan daging persembahan berhala, Paulus mengingatkan anggota jemaat Korintus agar tidak mencari keuntungan sendiri dengan cara makan daging tersebut. Jika karena makan daging persembahan berhala, ada orang lain yang dirugikan, maka sebaiknya aktifitas tersebut dibatalkan atau dihentikan.

Bagi Paulus makan daging persembahan berhala bukanlah dosa demikian juga jika tidak memakannya. Tetapi yang menjadi dosa adalah jika karena tindakan tersebut orang lain menjadi tersandung, atau lemah secara rohani.

Timbul pertanyaan, bagaimana dengan hak dan kebebasan seorang Kristen yang semestinya dapat memakan daging tersebut? Kekristenan bukan melulu mengenai hak dan kepentingan diri sendiri tetapi dalam hal ini mengenai kasih dan kekudusan.

Setiap orang Kristen semestinya mempertimbangkan apakah sikap, tindakan atau aktifitasnya merugikan orang lain baik secara jasmani maupun rohani. Lebih dari itu, Paulus bahkan mengharapkan agar tiap-tiap anggota jemaat Korintus mencari keuntungan orang lain bukan diri sendiri.

Dapatkah Anda bayangkan seperti apakah suatu jemaat atau komunitas jika tiap-tiap anggotanya tidak mencari keuntungan diri sendiri tetapi orang lain? Tentunya akan tercipta saling memberi dan menerima, keseimbangan hidup, kekurangan-kekurangan akan terpenuhi, kasih, keakraban, persahabatan, dan lain-lain.


Melalui perkataan Paulus tersebut, dapat ditemukan satu attitude atau sikap seorang Kristen yaitu tidak egois atau mencari keuntungan diri sendiri tetapi orang lain. Sungguh merupakan sesuatu yang langka dan sangat menantang bagi orang Kristen di zaman modern yang sarat dengan kompetisi dan individualisme.


Doa:

Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar dapat senantiasa menjadi tidak egois atau mencari keuntungan diri sendiri tetapi keuntungan orang lain. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: