Senin, 15 September 2008

TEGAS DAN ANTISIPATIF

Selasa, 16 September 2008

Bacaan: I Kor 5:12-13

5:12 Sebab dengan wewenang apakah aku menghakimi mereka, yang berada di luar jemaat? Bukankah kamu hanya menghakimi mereka yang berada di dalam jemaat?
5:13 Mereka yang berada di luar jemaat akan dihakimi Allah. Usirlah orang yang melakukan kejahatan dari tengah-tengah kamu


Fakta:

Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
• ...dengan wewenang apakah aku menghakimi mereka, yang berada di luar jemaat?
• ...kamu hanya dapat atau berhak menghakimi mereka yang berada di dalam jemaat
• Orang yang berada di luar jemaat akan dihakimi Allah.
• Usirlah orang yang melakukan kejahatan dari tengah-tengah kamu

Pertanyaan:
Apa arti dan tujuan perkataan Paulus tersebut?

Jawaban:
Paulus memberikan penegasan kepada Jemaat Korintus bahwa menghakimi orang yang jahat, yang tidak bertobat, atau tidak berdukacita atau menyesal dengan dosa-dosa yang mereka lakukan, patut diusir dari dalam Jemaat. Tindakan tersebut bukanlah tindakan yang kejam, atau tidak berprikemanusiaan, justru sangat bijaksana dan antisipatif.

Bayangkan saja jika seorang ayah menerima binatang atau hewan buas seperti harimau, serigala, ular berbisa, atau binatang buas lainnya, tinggal bersama di dalam rumahnya, dan berinteraksi langsung dengan keluarganya setiap hari. Bukankah binatang atau hewan buas tersebut akan mengancam dan membahayakan keluarga sang ayah tersebut?

Jika dalam hal jasmani, orang Kristen dapat mengerti dan menerima hal tersebut, tentunya dalam hal rohani pun orang Kristen semestinya tidak perlu merasa sukar atau keberatan dengan sikap atau tindakan yang sama tegas dan antisipatifnya. Sepertinya perkataan dan tindakan Paulus tersebut lebih merupakan antisipasi terhadap bahaya yang mengancam dan membahayakan jemaat Korintus daripada perasaan tidak suka yang subjektif terhadap anggota jemaat tertentu.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba menjadi orang yang bijaksana, tegas dan antisipatif. Di dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: