Senin, 01 September 2008

MANTAN PENDOSA

Kamis, 4 September 2008

Bacaan: I Kor 6:9b-11

6:9b Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit,
6:10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah, dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
6:11 Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.


Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
• Jangan sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah, dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
• …beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu.
• …kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.

Pertanyaan:
Apakah arti perkataan Paulus tersebut?

Jawaban:
Beberapa anggota Jemaat Korintus adalah mantan orang cabul, mantan penyembah berhala, mantan orang berzinah, mantan banci, mantan pemburit, mantan pencuri, mantan orang kikir, mantan pemabuk, mantan pemfitnah, dan mantan penipu.

Melalui latar belakang beberapa anggota Jemaat Korintus tersebut, tergambar moralitas kota Korintus pada zaman itu. Jika ada orang cabul, berarti ada pula partner cabul-nya. Jika ada penyembah berhala, pasti ada fasilitas, izin praktik, pengikut, atau kelompoknya. Demikian pula dengan pemabuk, pezinah, banci dan pendosa-pendosa lainnya.

Sepertinya, kota Korintus mempunyai moralitas yang sangat korup. Dan hal ini merupakan godaan sekaligus tantangan bagi Jemaat di sana.

Paulus bukan saja menjadikan pendosa asal Korintus menjadi murid Yesus, tetapi juga menjaga mereka agar tidak kembali atau menjadi sama seperti para pendosa Korintus. Ia membimbing mereka untuk setia dan bertumbuh di dalam Dia (band Mat 28:19-20). Sehingga pada akhirnya, mereka dapat masuk ke dalam Kerajaan Sorga dan mendapat tempat atau bagian di dalam-Nya.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar senantiasa dapat menjadikan orang lain menjadi murid Kristus, dan membimbing mereka untuk tetap setia dan bertumbuh di dalam Engkau. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: