Senin, 01 September 2008

PERCABULAN? NO WAY!

Senin, 8 September 2008

Bacaan: I Kor 6:19-20

6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, - dan bahwa kamu bukan milikmu sendiri?
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!


Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
• …tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu,…
• …Roh Kudus…kamu peroleh dari Allah, -
• …kamu bukan milikmu sendiri…
• …kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar:…
• …muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Pertanyaan:
Apakah arti atau tujuan dari perkataan Paulus tersebut?

Jawaban:
Secara umum, Paulus menentang kenajisan atau kenistaan dosa di dalam diri Jemaat Korintus sebagai bait Roh Kudus. Secara khusus, tulisan ini dilatarbelakangi dengan dosa percabulan oleh anggota tertentu di dalam jemaat.

Melalui tulisan ini, Paulus hendak mengatakan bahwa murid Kristus atau anggota jemaat adalah milik Allah bukan milik diri mereka sendiri. Mereka telah dibeli dan telah lunas dibayar. Artinya, tidak seorangpun yang berhak atas diri seorang murid Kristus, termasuk murid Kristus itu sendiri, kecuali Allah.

Paulus sering menggunakan frase “tidak tahukah kamu?”. Hal ini menunjukkan upaya rasul tersebut dalam menegaskan suatu pengertian yang dilupakan atau mengkonfirmasi hal yang belum disadari atau diyakini sepenuhnya. Kesimpulannya, Paulus hendak menyadarkan dan meyakinkan Jemaat Korintus bahwa mereka tidak dapat sesuka hati terhadap tubuh mereka, melainkan harus menjaga tubuh mereka agar tetap kudus dan tidak dicemari dengan dosa.

Kesadaran atau keyakinan yang kurang akan hal ini merupakan salah satu akibat mengapa seseorang mudah jatuh ke dalam dosa percabulan.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar senantiasa dapat menjaga diri agar tetap kudus dan tidak dicemari oleh dosa percabulan. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: