Senin, 15 September 2008

NASIHAT ROHANI

Rabu, 17 September 2008

Bacaan: I Kor 6:1-2

6:1 Apakah ada seorang di antara kamu, yang jika berselisih dengan orang lain, berani mencari keadilan pada orang-orang yang tidak benar, dan bukan pada orang-orang kudus?
6:2 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia? Dan jika penghakiman dunia berada dalam tangan kamu, tidakkah kamu sanggup untuk mengurus perkara-perkara yang tidak berarti?

Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
• Apakah ada seorang di antara kamu, yang jika berselisih dengan orang lain, berani mencari keadilan pada orang-orang yang tidak benar, dan bukan pada orang-orang kudus?
• ...tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia?
• ...jika penghakiman dunia berada dalam tangan kamu, tidakkah kamu sanggup untuk mengurus perkara-perkara yang tidak berarti?

Pertanyaan:
Apa latarbelakang dan arti perkataan Paulus tersebut?

Jawaban:
Paulus menegur Jemaat Korintus karena mereka melibatkan orang-orang yang tidak benar dalam perselisihan antar murid Kristus. Besar kemungkinannya bahwa nasihat atau solusi yang diberikan oleh orang-orang yang tidak benar itu adalah nasihat yang sesat atau tidak rohani. Apalagi di kota Korintus terdapat kepercayaan-kepercayaan kepada para dewa dan penyembahan berhala. Tentu saja nasihat yang tidak rohani tersebut dapat mengakibatkan dosa dan pelanggaran terhadap ajaran dan perintah Allah. Contohnya: Di Korintus para penyembah berhala melakukan percabulan raya. Sedangkan orang Kristen menolak bahkan mengusir orang-orang yang tidak bertobat dari dosa percabulan dari dalam Jemaat. Sangat berbeda dan bertentangan, bukan?

Carilah nasihat yang murni dari Alkitab dan dari orang-orang yang berpegang teguh kepada prinsip dan nilai firman-Nya saja.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba menemukan nasihat atau pengajaran yang murni dari dalam firmanMu dan juga dapat mengajarkannya dengan efektif kepada orang lain. Di dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: