Senin, 01 September 2008

PENGAJAR YANG CAKAP

Sabtu, 6 September 2008

Bacaan: I Kor 6:14

6:14 Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya.

Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus: “Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya.”

Pertanyaan:
Apakah arti perkataan Paulus “Allah, yang membangkitkan Tuhan…”?

Jawaban:
Besar kemungkinan bahwa Paulus merujuk kepada kebangkitan Yesus. Dan yang ia maksud dengan “Allah, yang membangkitkan Tuhan,…” adalah Allah Bapa, yang membangkitkan Allah Anak, yaitu Yesus Kristus.

Paulus sangat setia dan teguh berpegang kepada tulisan Alkitab tentang Trinitas atau Ke-Tritunggal-an Allah. Ia tidak mencoba memperjelas apa yang tidak dinyatakan Allah kepadanya dan kepada umatnya. Penulis surat Korintus tersebut sangat teliti dan bijaksana dalam melihat apa yang dinyatakan Allah, yang dapat dijelaskan dan apa yang belum atau tidak dinyatakan.

Sikap sombong atau sok tahu terhadap tulisan Alkitab tentu saja dapat mengakibatkan seseorang salah dalam mengartikan atau mengajarkannya kepada orang lain. Sedangkan seorang pengajar yang cakap dapat membedakan antara penyataan Allah, pendapat pribadi atau sesuatu yang belum atau tidak dinyatakan Allah.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba menjadi pengajar yang cakap, yang setia dan berpegang teguh pada tulisan dan penyataan firman-Mu. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: