Senin, 15 September 2008

PENASIHAT ROHANI

Kamis, 18 September 2008

Bacaan: I Kor 6:5-6

6:5 Hal ini kukatakan untuk memalukan kamu. Tidak adakah seorang di antara kamu yang berhikmat, yang dapat mengurus perkara-perkara dari saudara-saudaranya?
6:6 Adakah saudara yang satu mencari keadilan terhadap saudara yang lain, dan justru pada orang-orang yang tidak percaya


Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
• Hal penanganan perkara di dalam Jemaat selama ini kukatakan untuk memalukan kamu.
• Tidak adakah seorang di antara kamu yang berhikmat, yang dapat mengurus perkara-perkara dari saudara-saudaranya?
• Adakah saudara yang satu mencari keadilan terhadap saudara yang lain, dan justru pada orang-orang yang tidak percaya? (TEV Bible: Instead, one Christian goes to court against another and lets unbelievers judge the case)

Pertanyaan:
Apa latarbelakang dan arti perkataan Paulus tersebut?

Jawaban:
Paulus mengharapkan Jemaat Korintus dapat menyelesaikan perkara di antara mereka tanpa harus melibatkan orang lain di luar Jemaat. Orang lain di luar Jemaat Korintus pada zaman Paulus tentu saja tidak mempunyai nilai-nilai atau pengajaran yang sangat buruk. Korintus terkenal dengan penyembahan atau pengabdian kepada para dewa dan dosa percabulan.

Di zaman modern nasihat-nasihat ilmiah atau psikologis sifatnya tentu saja lebih baik dibanding dengan nasihat orang-orang di luar Jemaat Korintus. Namun demikian, orang Kristen tetap harus teliti dan dapat membedakan antara nasihat yang sempurna dari Allah atau nasihat yang palsu atau abu-abu.

Jika nasihat seseorang tidak sesuai atau bertolak belakang dengan prinsip atau nilai Alkitab, seorang murid Kristus harus dapat secara tegas menolak nasihat tersebut. Meskipun nasihat tersebut kedengarannya mempesona, atau berasal dari pakar, selebritis atau orang ternama sekalipun. Sebaliknya, jika seorang yang tampak buruk penampilannya, tidak berpendidikan, atau hal-hal lain yang kurang secara duniawi menyampaikan nasihat yang alkitabiah, setiap orang Kristen harus menerima dan mengaminkannya.

Doa:

Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Berikan hamba keyakinan yang dalam senantiasa akan nasihat firmanMu dan mampukan hamba menjadi penasihat rohani yang efektif bagi orang lain. Di dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: