Senin, 01 September 2008

DOSA TERHADAP DIRI SENDIRI

Minggu, 7 September 2008

Bacaan: I Kor 6:18

Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.

Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus: “Jauhkanlah dirimu dari percabulan! … orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.

Pertanyaan:
Apakah arti atau maksud Paulus tentang “…berdosa terhadap dirinya sendiri”?

Jawaban:
Dalam setiap kejadian atau peristiwa dosa pada umumnya terdapat unsur-unsur berikut: pelaku dosa, dosa itu sendiri, dan korban dosa. Pelaku dosa adalah mereka yang melakukan dosa, sedangkan dosa adalah apa yang pelaku dosa lakukan, dan korban dosa adalah mereka yang mendapat pengaruh dosa, atau yang menanggung akibat dari dosa.

Khusus dosa percabulan, korbannya adalah diri sendiri bukan orang lain. Sama halnya seperti seorang pembunuh yang mengarahkan senjatanya kepada diri sendiri bukan kepada orang lain.

Istilah umum tentang “suka sama suka” bukanlah nilai atau prinsip yang alkitabiah. Hubungan seks “suka sama suka” adalah dosa karena dilakukan di luar pernikahan yang suci dan kudus, tidak peduli apapun alasan atau argumentasinya.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar senantiasa dapat menjaga diri dari dosa terhadap diri sendiri. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: