Kamis, 25 September 2008

KOTAK SUARA YAHUDI

Minggu, 28 September 2008

Bacaan: I Kor 8:4-6

8:4 Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu:”tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa.”
8:5 Sebab sungguhpun ada apa yang disebut “allah”, baik di sorga, maupun di bumi-dan memang benar ada banyak “allah” dan banyak “tuhan” yang demikian-
8:6 namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.


Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
• …”tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa.”
• …ada banyak “allah” dan banyak “tuhan” yang seperti berhala…
• …bagi kita, hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup,…
• …bagi kita, hanya ada satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

Pertanyaan:
• Apa arti perkataan Paulus:”…hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, …, dan hanya ada satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus…”?

Jawaban:
Sesuai Kitab Suci dan ajaran Yesus, Paulus menjelaskan tentang Allah dan tentang Yesus Kristus. Seperti Yesus, Paulus menyebut Allah dengan “Bapa” dan percaya bahwa untuk Dia saja manusia hidup atau berbakti (band. Mat 4:10).

Sedang mengenai Yesus, Paulus menjelaskan bahwa oleh Dia atau karena Dia segala sesuatu telah dijadikan. Dengan kata lain, Yesus adalah Pencipta alam semesta, dunia dan segala isinya. Bagaimana bisa? Bukankah Yesus lahir tahun 4 sebelum masehi? Alkitab mencatat claim Yesus mengenai ke-Tuhan-an-Nya. Pertama, Yesus mengatakan bahwa Ia ada sebelum Abraham (Yoh 8:58); Kedua, Yesus lebih dari seorang nabi atau raja (band. Mat 12:41-42:…sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!...dan sesungguhnya yang ada disini lebih daripada Salomo!”); dan masih banyak lagi claim yang disebutkan Yesus tentang diri-Nya seperti: Roti Hidup, Air Hidup, Pintu, Gembala yang baik, Jalan, Kebenaran dan Hidup, dan lain-lain.

Baik Paulus, Yohanes, Matius, dan rasul-rasul yang lain, memiliki pandangan dan kepercayaan yang sama tentang Yesus. Bahwa Allah telah ber-inkarnasi, datang, turun ke dunia, menjadi manusia. Atau dalam bahasa yang lebih modern dan sederhana, Philip Yancey pernah mengatakan hal ini: Allah dalam kotak suara orang Yahudi yang bernama Yesus (lih. Jesus i never knew by Philip Yancey)

Sebagai orang Kristen sejati, kita hanya percaya dan memandang Dia sesuai apa yang disingkapkan atau diungkapkan Allah melalui Kitab Suci. Tidak lebih dan tidak kurang.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar senantiasa dapat memiliki keyakinan akan Allah Bapa dan Yesus Kristus sesuai Kitab Suci dan menjaga keyakinan tersebut di dalam hati hamba. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: