Senin, 25 Agustus 2008

MODEL DAN MENTOR ROHANI

Sabtu, 30 Agustus 2008

Bacaan: I Kor 4:16-17

4:16 Sebab itu aku menasihatkan kamu: turutilah teladanku!
4:17 Justru itulah sebabnya aku mengirimkan kepadamu Timotius, yang adalah anakku yang kekasih dan yang setia dalam Tuhan. Ia akan memperingatkan kamu akan hidup yang kuturuti dalam Kristus Yesus, seperti yang kuajarkan di mana-mana dalam setiap jemaat.


Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
• …aku menasihatkan kamu: turutilah teladanku!
• …aku mengirimkan kepadamu Timotius, yang adalah anakku yang kekasih dan yang setia dalam Tuhan.
• Timotius akan memperingatkan kamu akan hidup yang kuturuti dalam Kristus Yesus, seperti yang kuajarkan di mana-mana dalam setiap jemaat.

Pertanyaan:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus: “…turutilah teladanku!”. Apa maksud dan tujuan Paulus mengatakan hal itu?

Jawaban:
Seperti dalam bidang olah raga, Paulus seolah berkata kepada Jemaat Korintus “Saya adalah pelatih Anda, dan Timotius adalah asisten saya yang akan membantu Anda hidup seperti Kristus.” Suatu petunjuk yang nyata, jelas dan praktis, bukan?

Melalui perkataan Paulus tersebut, dapat kita simpulkan bahwa teori atau penjelasan tentang firman saja tidak cukup. Seorang Kristen membutuhkan teladan dan follow up untuk hidup secara rohani dan menjadi serupa dengan Kristus.

Tampaknya waktu itu, Jemaat Korintus sibuk berdebat dan berselisih pendapat tentang firman satu terhadap yang lain. Mereka tidak mempunyai model yang jelas, dan tidak mempunyai coach atau mentor yang dapat membimbing dan menuntun mereka ke arah yang nyata dan benar.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba menjadi pelaku firman dan pelatih rohani yang baik bagi kemuliaan nama-Mu. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: