Senin, 25 Agustus 2008

BAPA DAN ANAK ROHANI

Jumat, 29 Agustus 2008

Bacaan: I Kor 4:15-17

4:15 Sebab sekalipun kamu mempunyai beribu-ribu pendidik dalam Kristus, kamu tidak mempunyai banyak bapa. Karena akulah yang dalam Kristus Yesus telah menjadi bapamu oleh Injil yang kuberitakan kepadamu.

Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
• …kamu mempunyai beribu-ribu pendidik dalam Kristus, tetapi kamu tidak mempunyai banyak bapa.
• …akulah bapamu dalam Kristus Yesus oleh Injil yang kuberitakan kepadamu.
• …aku menasihatkan kamu: turutilah teladanku!
• …aku mengirimkan kepadamu Timotius, yang adalah anakku yang kekasih dan yang setia dalam Tuhan.
• Timotius akan memperingatkan kamu akan hidup yang kuturuti dalam Kristus Yesus, seperti yang kuajarkan di mana-mana dalam setiap jemaat.

Pertanyaan:
Paulus mengatakan “…akulah bapamu dalam Kristus Yesus oleh Injil yang kuberitakan kepadamu.” Apakah arti dan tujuan Paulus mengatakan hal demikian?

Jawaban:
Paulus adalah rasul bagi bangsa non Yahudi. Sedangkan rasul-rasul lain bagi bangsa Yahudi. Dan hal itu telah disepakati bersama oleh Paulus dan rasul-rasul lainnya tersebut.

Ia mengingatkan Jemaat Korintus bahwa ia adalah bapa rohani bagi mereka. Suatu posisi yang lebih dari sekadar pengajar atau pendidik, karena mempunyai ikatan hubungan yang lebih kuat, seperti bapa dan anak.

Dengan mengatakan demikian, Paulus mengantisipasi penyimpangan ajaran atau didikan di luar dari apa yang pernah ia berikan. Dan juga mengingatkan Jemaat Korintus kembali akan otoritas, posisi, hubungan antara Paulus, sehingga tidak terjadi kekacauan atau kesalahan.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba menjadi bapa rohani dan juga anak rohani yang baik di dalam Jemaat Engkau. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: