Minggu, 10 Agustus 2008

MEMULIAKAN ALLAH

Rabu, 13 Agustus 2008

Bacaan: I Kor 3:10-11

3:10 Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya.
3:11 Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.


Fakta:
Paulus berkata:
• ...karena kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku menjadi seorang ahli bangunan yang cakap...
• ...aku telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya.
• ...tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atas dasar yang telah kuletakkan.
• ... tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.

Pertanyaan:
Apa arti dan tujuan perkataan Paulus tersebut?

Jawaban:
Paulus mengatakan bahwa ia hanyalah peletak dasar, sedangkan dasarnya sendiri adalah Yesus Kristus. Eksistensinya sebagai peletak dasar tidak terjadi begitu saja atau atas dasar keinginannya sendiri melainkan karena kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadanya. Paulus memang dipilih oleh Allah bahkan saat ia tidak sedang berpikir atau berkeinginan untuk menjadi peletak dasar. Ia malah sedang menganiaya Jemaat-Nya pada waktu itu dan memburu mereka sampai ke Damsyik.

Paulus lagi-lagi menekankan bahwa Dia lah yang layak diagungkan dan dimuliakan, bukan dirinya, Apolos atau siapapun.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba untuk dapat selalu mengagungkan dan memuliakan namaMu . Di dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: