Selasa, 19 Agustus 2008

HATI YANG BERSYUKUR

Senin, 25 Agustus 2008

Bacaan: I Kor 4:7-8

4:7 Sebab siapakah yang menganggap engkau begitu penting? Dan apakah yang engkau punyai, yang tidak engkau terima? Dan jika engkau memang menerimanya, mengapakah engkau memegahkan diri, seolah-olah engkau tidak menerimanya?
4:8 Kamu telah kenyang, kamu telah menjadi kaya, tanpa kami kamu telah menjadi raja. Ah, alangkah baiknya kalau benar demikian, bahwa kamu telah menjadi raja, sehingga kami pun turut menjadi raja dengan kamu.


Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
• …siapakah yang menganggap engkau begitu penting?
• …apakah yang engkau punyai, yang tidak engkau terima?
• …jika engkau memang menerimanya, mengapakah engkau memegahkan diri, seolah-olah engkau tidak menerimanya?
• …Kamu telah kenyang, kamu telah menjadi kaya, tanpa kami kamu telah menjadi raja.
• Ah, alangkah baiknya kalau benar demikian, bahwa kamu telah menjadi raja, sehingga kami pun turut menjadi raja dengan kamu.

Pertanyaan:
• Apakah arti perkataan Paulus “…jika engkau memang menerimanya, mengapakah engkau memegahkan diri, seolah-olah engkau tidak menerimanya?”

Jawaban:
Dengan mengatakan hal tersebut, Paulus mengharapkan agar Jemaat Korintus tidak menjadi sombong tetapi bersyukur atas segala sesuatu yang telah mereka terima dari Allah.

Paulus memandang bahwa Jemaat Korintus memiliki keuntungan materi atau finansial lebih baik dibandingkan dengan dirinya, Apolos dan Kefas. Mereka adalah jemaat yang kaya dan senang hidupnya, sedangkan Paulus dan rasul lainnya selalu menghadapi tantangan dan ancaman, bahkan hingga saat Paulus menuliskan suratnya kepada Jemaat Korintus.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Berikan hamba hati yang selalu bersyukur, yang setia dan percaya akan berkat dan penyertaan Engkau setiap waktu dalam hidupku. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: