Senin, 04 Agustus 2008

DEWASA DALAM KRISTUS

Senin, 11 Agustus 2008

Bacaan: I Kor 3:1-3

3:1 Dan aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam Kristus.
3:2 Susulah yang kuberikan kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. Dan sekarang pun kamu belum dapat menerimanya.
3:3 Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?


Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
• ...aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam Kristus.
• ...yang kuberikan kepadamu adalah susu, bukan makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. ...sekarang pun kamu belum dapat menerimanya.
• ...kamu masih manusia duniawi.
• ...di antara kamu ada iri hati dan perselisihan ... hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi.

Pertanyaan:
Apa arti dan tujuan perkataan Paulus tersebut?

Jawaban:
Paulus menyatakan kesalahan Jemaat Korintus dengan mengatakan bahwa mereka masih manusia duniawi, karena di antara mereka terdapat iri hati dan perselisihan. Mereka belum dewasa dalam Kristus dan belum dapat memahami hikmat Allah sehingga Paulus menyesuaikan cara atau bahasa-nya dalam berkomunikasi dengan mereka. Bukan cara atau bahasa terhadap seorang Kristen dewasa yang dapat mencerna persoalan besar atau sukar, tetapi seorang bayi yang belum dapat mencerna apa-apa.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba bertumbuh menjadi lebih dewasa dalam Kristus dari waktu ke waktu. Di dalam nama Yesus Kristus. Amin.

1 komentar:

rintokatili mengatakan...

mantap artikelnya bro....