Minggu, 10 Agustus 2008

BERSATU DI DALAM TUHAN

Selasa, 12 Agustus 2008

Bacaan: I Kor 3:4-8

3:4 Karena jika yang seorang berkata: "Aku dari golongan Paulus," dan yang lain berkata: "Aku dari golongan Apolos," bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani?
3:5 Jadi, apakah Apolos? Apakah Paulus? Pelayan-pelayan Tuhan yang olehnya kamu menjadi percaya, masing-masing menurut jalan yang diberikan Tuhan kepadanya.
3:6 Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan.
3:7 Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.
3:8 Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama; dan masing-masing akan menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri


Fakta:
Paulus berkata:
• ...jika yang seorang berkata: "Aku dari golongan Paulus," dan yang lain berkata: "Aku dari golongan Apolos," bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani?
• ...apakah Apolos? Apakah Paulus? Pelayan-pelayan Tuhan yang olehnya kamu menjadi percaya, masing-masing menurut jalan yang diberikan Tuhan kepadanya.
• Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan.
• ...yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.
• Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama; dan masing-masing akan menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri.

Pertanyaan:
Apa arti dan tujuan perkataan Paulus tersebut?

Jawaban:
Paulus mengatakan bahwa pembedaan yang mengarah kepada perpecahan merupakan ciri keduniawian di dalam Jemaat. Paulus menjelaskan kepada Jemaat Korintus bahwa ia dan Apolos adalah mitra kerjasama bukan lawan tanding satu terhadap yang lain. Apa yang Paulus dan Apolos lakukan merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan, melainkan hal yang secara sinergis saling membutuhkan dan saling membangun. Ia mengingatkan bahwa peran Allah lah yang paling penting karena Ia yang memberikan pertumbuhan. Dengan demikian, Paulus bertujuan supaya Jemaat tidak terpecah menjadi golongan Paulus atau Apolos tetapi bersatu di dalam Allah.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Berikan keyakinan yang dalam akan kesatuan di dalam Jemaat dan mampukan hamba menjadi alat pemersatu bagi kemuliaan Engkau. Di dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: