Minggu, 10 Agustus 2008

MANUSIA ROHANI VS DUNIAWI

Minggu, 17 Agustus 2008

Bacaan: I Kor 2:14-16

2:14 Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.

2:15 Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain.

2:16 Sebab:”Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?” Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.


Fakta:
Paulus berkata:
• …manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan;
• manusia duniawi tidak dapat memahami apa yang berasal dari Roh Allah, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.
• …manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain.
• …”Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?” Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.

Pertanyaan:
Apa arti perkataan Paulus tersebut?

Jawaban:

Paulus mengatakan bahwa manusia rohani berbeda dengan manusia duniawi dalam hal pandangan terhadap Allah dan kehidupan ini. Manusia rohani dapat menilai segala sesuatu karena Roh Allah ada di dalam diri mereka, tetapi, manusia duniawi tidak. Manusia duniawi tidak mempunyai hikmat dan Roh Allah. Mereka tidak dapat memahami Allah dan hikmat-Nya bahkan menganggapnya sebagai suatu kebodohan.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba memahami hikmat dan pikiran Engkau lebih dalam lagi dan menolong orang lain menjadi manusia rohani bukan duniawi. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: