Minggu, 10 Agustus 2008

THE GREAT DADDY

Jumat, 15 Agustus 2008

Bacaan: I Kor 4:18-19


4:18 Tetapi ada beberapa orang yang menjadi sombong, karena mereka menyangka, bahwa aku tidak akan datang lagi kepadamu.
4:19 Tetapi aku akan segera datang kepadamu, kalau Tuhan menghendakinya. Maka aku akan tahu, bukan tentang perkataan orang-orang yang sombong itu, tetapi tentang kekuatan mereka

Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
• ...ada beberapa orang yang menjadi sombong, karena mereka menyangka, bahwa aku tidak akan datang lagi kepadamu.
• ...aku akan segera datang kepadamu, kalau Tuhan menghendakinya.
• ...aku akan tahu, bukan tentang perkataan orang-orang yang sombong itu, tetapi tentang kekuatan mereka

Pertanyaan:
Apa yang sebenarnya terjadi antara Jemaat Korintus dan Paulus?

Jawaban:
Orang-orang tertentu di dalam Jemaat Korintus menjadi sombong, menganggap diri mereka lebih berhikmat, dan mengidolakan pemimpin tertentu seperti Apolos atau Kefas atau Paulus. Sehingga tercipta pengelompokan di dalam Jemaat, yang mengkristal menjadi perselisihan. Ada yang lebih menyukai Apolos. Ada yang lebih menyukai Kefas. Dan ada yang lebih menyukai Paulus.

Orang-orang yang tidak menyukai Paulus membicarakan hal yang buruk tentangnya, dan menyangka bahwa ia tidak akan datang lagi ke Jemaat Korintus. Paulus tidak reaktif dan tersinggung karena perkataan orang-orang yang tidak menyukainya, tetapi justru ingin menemui orang-orang itu untuk melihat kekuatan rohani dalam diri mereka, yang ia sebut sebagai anak rohaninya.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba menjadi pemimpin dan bapa rohani yang baik bagi orang lain. Di dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: