Selasa, 19 Agustus 2008

BERBAHAGIA DAN BERKEMENANGAN

Rabu, 20 Agustus 2008

Bacaan: I Kor 3:14-15

3:14 Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah.
3:15 Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api


Fakta:
Paulus berkata bahwa jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. Sebaliknya, jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.

Pertanyaan:

Apa arti perkataan Paulus tersebut?

Jawaban:
Kualitas pelayanan seseorang menentukan apakah ia memperoleh upah dari Allah atau tidak. Orang yang mempunyai kualitas pelayanan yang tahan uji akan mendapat upah, sebaliknya yang tidak tahan uji, tidak memperolehnya.

Upah yang dimaksud bukanlah keselamatan, karena keduanya, yakni, orang-orang yang membangun di atas dasar bangunan akan diselamatkan. Pertanyaannya, apa atau seperti apakah upah itu? Upah itu adalah kehidupan Kristen yang berbahagia dan berkemenangan di dalam Dia, bukan sebaliknya, kurang bahagia atau bersusah hati.

Perhatikanlah hidup Abraham dan Lot. Keduanya diselamatkan dari api Sodom dan Gomora, tetapi keselamatan yang diperoleh Lot sukar ia peroleh bahkan seolah hampir tidak ia dapatkan. Berbeda halnya dengan Abraham, hidupnya penuh damai sejahtera dan kemenangan.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba melayani dengan kualitas yang baik sehingga hamba beroleh kebahagiaan dan kemenangan di dalam Engkau. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: