Jumat, 08 Mei 2009

NUBUAT-NUBUAT

Ditinjau dari periode waktu, nubuat dapat dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu:

1. Nubuat PL

Nubuat-nubuat PL sebagian besar digenapi di PB. Nubuat tersebut adalah tentang kelahiran Yesus, tentang hidup-Nya, kematian-Nya dan kebangkitan-Nya.

Nubuat-nubuat tersebut terdapat di setiap buku PL. Tentang kelahiran-Nya terdapat di Kejadian, Yesaya, Mikha, dan lain-lain. Tentang kehidupan-Nya bahwa Ia adalah Penasihat Ajaib, Raja Kekal, dan lain-lain ada di Yesaya. Tentang penyaliban dan kematian-Nya terdapat di Mazmur. Tentang kebangkitan-Nya terdapat di kitab Yunus, dan lain-lain.

Selain itu, banyak kisah-kisah di PL merupakan bayang-bayang dari yang akan datang yaitu Kristus. Contohnya, tentang darah yang dilaburkan di depan pintu rumah bangsa Israel adalah tentang darah Yesus yang melindungi umat-Nya; tentang Musa memimpin bangsa Israel menyeberang Laut Teberau menggambarkan Yesus yang membawa orang-orang Kristen menyeberang dari dunia yang penuh dosa kepada keselamatan yaitu Sorga.

Yesus sendiri, setelah bangkit menjelaskan bahwa nubuat-nubuat di kitab PL adalah tentang diri-Nya dan telah digenapi di dalam diri-Nya (band. Lukas 24:27-32).

2. Nubuat PB
Nubuat PB sebagian besarnya berasal dari Yesus. Ia menubuatkan tentang Kerajaan Allah atau Kerajaan Sorga.

Berikut ini adalah ayat-ayat tentang nubuat tersebut:
1. Mat 4:17: Kerajaan Allah sudah dekat. Artinya, tidak lama lagi ia akan ada atau datang. Mungkin dalam hitungan bulan atau tahun lagi.

2. Mat 5:3,10; 6:33; 7:21; 18:3: Karakteristik orang-orang yang akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Mereka adalah orang-orang yang bertobat dari dosa-dosa, yang tidak kuatir tetapi mengutamakan Dia, dan punya kualitas hati seperti anak kecil.

3. Mat 6:10: Yesus mendoakan agar Kerajaan Allah ada di bumi seperti di sorga. Doa ini bukan keinginan Yesus semata tetapi fokus atau impian-Nya yang akan menjadi kenyataan.

4. Mat 8:11: Kerajaan Sorga terdiri dari orang-orang dari berbagai tempat dan berbagai bangsa (band. Kis 2:9-11).

5. Mat 11:11-13: Kerajaan Sorga ada setelah Yohanes dan ia sendiri tidak sempat melihat dan ada di sana yaitu ketika Kerajaan Sorga ada di bumi. Yohanes mati dipenggal kepalanya oleh raja Herodes.

6. Mat 13:31-32: Kerajaan Sorga bermula dari sesuatu yang sangat kecil seperti biji sesawi atau ragi yang kecil. Tetapi, akhirnya menjadi paling besar dan seluruh dunia. Kerajaan Sorga atau Jemaat Tuhan dimulai dari jumlah orang yang sangat kecil atau sedikit.

7. Mat 13:24-30,36-43: penghakiman terhadap orang yang jahat atau durhaka yang menyusup masuk ke dalam Kerajaan-Nya di bumi. Ada orang-orang yang tidak bertobat, tidak patuh, degil dan keras kepala di Jemaat. Paulus menyebutnya saudara-saudara palsu.

8. Mat 13:44: Kerajaan Allah adalah seperti harta terpendam yang dibeli dan dibayar lunas oleh seseorang. Artinya Kerajaan Allah begitu berharganya bagi orang tersebut sehingga Ia membeli dan membayarnya dengan seluruh milik kepunyaannya.

9. Mat 13:45-46: Kerajaan Allah adalah seperti mutiara yang dibeli dan dibayar lunas oleh seseorang. Artinya Kerajaan Allah begitu berharganya bagi orang tersebut sehingga Ia membeli dan membayarnya dengan seluruh milik kepunyaannya.

10. Mat 13:47-48: Kerajaan Sorga terdiri dari orang yang datang dari berbagai bangsa di dunia, yang terkumpul ke dalam satu tempat (band. Kis 2:9-11).

11. Mat 16:18: 19: Petrus adalah pemegang kunci Kerajaan Sorga yaitu Jemaat Tuhan. Pernyataan ini memberitahukan bahwa Petrus akan berkhotbah pada hari Pentakosta yang dihadiri oleh orang-orang yang berasal dari berbagai tempat dan bangsa di dunia.

12. Mat 20:1-16: Kerajaan Sorga adalah pemberian Tuhan. Itu adalah kasih karunia-Nya bukan karena kerja atau upaya yang kita lakukan.

13. Mat 25:1-13: Nasihat supaya berjaga-jaga menyambut atau menyongsong Kerajaan Sorga.

14. Mat 25:14-30: Kristus akan pergi dan menitipkan Kerajaan Sorga yang ada di bumi yaitu Jemaat kepada hamba-Nya atau murid-Nya. Ayat ini mengartikan bahwa sebagai murid-Nya kita wajib menjaga atau mengelola kepunyaan-Nya yaitu Jemaat-Nya sesuai dengan talenta yang diberikan kepada kita.

Nubuat Yesus tentang Kerajaan Allah digenapi di Kisah Para Rasul 2:1-47. Kerajaan Allah adalah Jemaat mula-mula yang lahir di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di mana waktu itu berkumpul orang-orang dari berbagai tempat atau bangsa di dunia. Mereka menyaksikan turunnya Roh Kudus sehingga murid-murid-Nya berbicara dengan berbagai bahasa dari berbagai bangsa di dunia. Meskipun bahasa tersebut bukanlah bahasa mereka dan mereka tidak pernah tahu berbahasa tersebut sebelumnya.

Saat itu, sebagai pemegang kunci Kerajaan Sorga, Petrus berkhotbah menjelaskan isi Kitab Suci dan menyerukan supaya orang-orang yang hadir saat itu untuk bertobat dan dibaptis untuk mendapatkan pengampunan dosa dan karunia Roh Kudus (band. Kis 2:38).

Sebagian nubuat PL dan nubuat PB berisi tentang penghakiman, tentang kedatangan Yesus dan tentang akhir zaman. Semua itu tentunya belum digenapi hingga saat ini. Dengan kata lain, nubuat-nubuat tersebut sedang dalam penggenapan atau akan digenapi kemudian di masa yang akan datang.




Tidak ada komentar: