Senin, 28 Juli 2008

TEKUN DAN SETIA

Selasa, 29 Juli 2008

Bacaan: I Kor 1:11-13

1:11 Sebab, saudara-saudaraku, aku telah diberitahukan oleh orang-orang dari keluarga Kloe tentang kamu, bahwa ada perselisihan di antara kamu.

1:12 Yang aku maksudkan ialah, bahwa kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus.

1:13 Adakah Kristus terbagi-bagi? Adakah Paulus disalibkan karena kamu? Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?

Fakta:
Paulus berkata kepada Jemaat Korintus:
· ”Saudara-saudaraku, aku telah diberitahukan oleh orang-orang dari keluarga Kloe tentang kamu, bahwa ada perselisihan di antara kamu.”
· Kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus.
· Adakah Kristus terbagi-bagi? Adakah Paulus disalibkan karena kamu? Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?

Pertanyaan:
Bagaimana perselisihan seperti itu dapat terjadi?

Jawaban:
Jemaat Korintus sibuk menilai pengetahuan dan tokoh mana yang paling benar. Lebih ekstrim lagi, perbedaan tersebut mengakibatkan perselisihan di antara mereka. Dan hal itu menunjukkan kesombongan dan kedangkalan Jemaat Korintus secara rohani.

Kekristenan merupakan perjalanan rohani seumur hidup. Pengetahuan dan karakter kita bertumbuh seiring dengan waktu, jika kita terus bertekun dan tetap setia kepada Allah. Tidak ada gunanya berselisih karena perselisihan tidak membuat kita maju dan bertumbuh di dalam Kristus.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba untuk terus bertekun dan tetap setia di dalam Engkau. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: