Senin, 21 Juli 2008

GURU DAN SAHABAT YANG BAIK

20 Juli 2008

Bacaan: Markus 16:6-8

16:6 tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.
16:7 Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu."
16:8 Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapa pun juga karena takut. Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-murid-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu


Fakta:
Orang muda itu berkata kepada mereka:
• ”Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.
• Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-muridNya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakanNya kepada kamu.”
• Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka.
• Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapapun juga karena takut.

Pertanyaan:
1. Mengapa mereka gentar, takut dan tidak mengatakan apa-apa kepada siapapun?
2. Mengapa Yesus mendahului mereka ke Galilea? Dan mengapa pula Yesus secara khusus menitipkan pesan kepada Petrus?

Jawaban:
1. Ketiga wanita itu tidak pernah mengira bahwa hal itu akan terjadi. Bagi mereka hal itu merupakan pengalaman baru yang sukar dipercaya, Yesus mati dan bangkit pada hari ketiga.

2. Yesus mendahului mereka ke Galilea tempat dimana mereka bertemu pertama kali. Ia pergi kesana sebagai orang yang bangkit dan hidup bukan di kubur, tempat orang mati yang sudah tidak dapat melakukan apa-apa lagi. Mungkin pula Yesus tidak ingin murid-muridNya pergi ke kubur, merasa sedih dan merasa bersalah, sehingga tidak dapat bangkit secara mental dan spiritual, terlebih bagi Petrus yang telah menyangkal Dia sebanyak tiga kali.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba menjadi guru dan sahabat yang baik bagi orang lain seperti Yesus. Dalam nama Yesus Kristus. Amin.

Tidak ada komentar: