Sabtu, 03 Januari 2009

KRISTUS KURANG PENTING?

Senin, 21 Desember 2008

Bacaan: Gal 2:21; 5:2,4

2:21 Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.
5:2 Sesungguhnya, aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu.
5:4 Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.

Ada 2 (dua) jenis ajaran yang mengartikan bahwa Kristus kurang penting. Kedua ajaran itu saya sebut dengan istilah sebagai berikut:
1. Ajaran Kristus Plus Plus
2. Ajaran Banyak Jalan Menuju Roma

Ajaran Kristus Plus Plus
Ajaran Kristus Plus Plus menyatakan bahwa Kristus saja tidak cukup untuk menyelamatkan manusia. Perlu ada tambahan lain berupa legalisme, filsafat atau tindakan religius yang lain yang bukan Kristus. Ajaran semacam ini sangat populer di zaman Paulus.

Di zaman itu, ada terdapat orang-orang Farisi dari Yudea dan Yerusalem yang meskipun telah menjadi Kristen masih mengajarkan bahwa orang-orang Kristen yang bukan Yahudi harus disunat untuk mendapatkan keselamatan. Jika tidak, maka mereka tidak selamat (band. Kis 15:1,5).

Pengajaran di zaman modern mungkin berbeda dengan zaman Paulus tetapi keduanya sama-sama membawa tekanan yang berat di dalam batin pengajar-pengajar Kristen yang sejati.

Perhatikanlah gejolak emosi di dalam diri Paulus ketika menghadapi pengajaran semacam itu. Berikut ini adalah kutipan-kutipan ayat yang menggambarkannya:
Aku kuatir kalau-kalau susah payahku untuk kamu telah sia-sia (Gal 4:11)

…, karena kamu aku menderita sakit bersalin lagi…Betapa rinduku untuk berada di antara kamu pada saat ini dan dapat berbicara dengan suara yang lain, karena aku telah habis akal menghadapi kamu. (Gal 4:20)


Baiklah mereka yang menghasut kamu itu mengebirikan saja dirinya! (Gal 5:12)


Ajaran “Banyak Jalan Menuju Roma”
Seperti halnya Ajaran Kristus Plus Plus, para pengajar-pengajar Kristen di masa kini mendapat tugas yang berat terhadap ajaran “Banyak Jalan Menuju Roma”. Karena ajaran ini menyatakan bahwa banyak jalan menuju sorga seperti halnya banyak jalan menuju ke Roma.

Di CNN beberapa waktu lalu, tepatnya sekitar pertengahan tahun 2008 ditayangkanlah pernyataan pengkhotbah terkenal Billy Graham dan pemimpin gereja Crystal Chatedral, Robert Schuller. Keduanya menyatakan bahwa semua orang beragama yaitu Kristen dan non Kristen adalah tubuh Kristus. Semuanya dipanggil Allah dan mendapat kasih karunia Allah yaitu keselamatan. Hal serupa dinyatakan pula oleh Oprah Winfrey di dalam bincang-bincangnya pada satu kesempatan dengan kaum ibu dan wanita di Amerika Serikat bahwa banyak jalan menuju keselamatan dan bukan hanya melalui Yesus.

Ajaran ini sesungguhnya secara implisit atau tidak langsung menyatakan bahwa Yesus kurang penting atau tidak terlalu perlu datang ke dunia, mati di salib dan bangkit dari mati. Mengapa? Karena toh Dia bukan satu-satunya jalan menuju sorga atau keselamatan. Dengan kata lain, ajaran itu menyatakan bahwa Yesus bukanlah satu-satunya pilihan tetapi hanya salah satu dari sekian banyak pilihan atau ‘kendaraan’ menuju keselamatan. Atau ekstrimnya, keputusan tindakan dan pengorbanan Yesus hanyalah sedikit lebih baik dari seorang pahlawan di siang bolong.

Mari pelajari dengan teliti ajaran “Banyak Jalan Menuju Roma”. Ada satu catatan penting yang menunjukkan kesalahan ajaran tersebut. Catatan itu adalah tentang perbedaan destinasi atau tujuan yaitu antara Roma dan Sorga. Jika Anda ingin ke Roma memang banyak jalan menuju ke sana dan banyak jasa traveling, guide atau transportasi yang dapat mengantar Anda ke sana. Tetapi berbeda halnya dengan ke Sorga, Anda tidak mempunyai banyak jalan, jasa, guide, atau personil apalagi otoritas yang dapat membawa atau mengantar Anda tiba di sana atau mengizinkan Anda masuk ke dalamnya kecuali Yesus. Mengapa? Karena Dia berasal dari sana. Ia adalah pemiliknya, yang mempunyai otoritas dan Ia adalah Allah (band. Yoh 1:1,14; 14:6). Hanya Yesus saja yang dapat dipercaya membawa Anda dan saya menuju ke sana.

Kesimpulannya, Anda hanya butuh Kristus untuk diselamatkan dan hanya Kristus untuk diselamatkan. Bukan yang lain.

Doa:
Tuhan terima kasih atas pelajaran pagi ini. Mampukan hamba agar dapat senantiasa percaya kepada Kristus sebagai satu-satunya jalan keselamatan. Di dalam nama Yesus Kristus. Amin.



Tidak ada komentar: